SOLUSI DAPODIK 2019.c - RUSMAN

Breaking

SI ANAK PETANI


Saturday 9 March 2019

SOLUSI DAPODIK 2019.c

8 MASALAH UMUM DAPODIK 2019.C BESERTA SOLUSINYA
Setelah di rilis beberapa hari yang lalu versi dapodik 2019.c masih saja pihak operator sekolah mengalami kesulitan seperti permalasahan dalam penginstalan dapodik yang tidak berhasil, gagal registrasi menggunakan prefill, jumlah jam mengajar (JJM) bermasalah, tidak terkoneksi atau disconnected, dapodik tidak bisa dibuka dan lain-lain.
Oleh karena itu untuk sedikit membantu meringankan pekerjaan operator sekolah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai permasalahan umum yang dihadapi ketika menggunakan dapodik 2019.c beserta solusinya.

MASALAH DAN SOLUSI DAPODIK 2019.C

Berikut ini adalah beberapa permasalahan yang dihadapi saat menggunakan dapodik 2019.c

1. dapodik 2019.c tidak bisa diinstal atau berhenti di jalan

Kenapa dapodik saya tidak bisa di install?. Setiap kali mau instal selalu terblog tidak bisa instal. Berhenti di tengah jalan?
Solusinya jika mau instal Dapodil 2019.c sebaiknya saat mau instal harus non aktifkan jaringan internetnya atau tidak terhubung dengan internet dulu. Jangan lupa non aktifkan dulu Windows Firewallnya Atau antifirus yang lainnya juga di non aktifkan terlebih dahulu.

2. Prefill dapodik 2019.c tidak ditemukan

Kenapa prefill tidak ditemukan ?. Padahal sudah di masukkan kedalam folder dapodiknya.
Solusinya Itu biasa terdapat kesalahan pada nama atau kapasitas file prefilnya rendah, sebaiknya prefill itu di atas 1kb dan nama prefill jangan di edit atau di tambah-tambah nama file prefill tersebut yaang di dapat dari generate prefill. Taruklah file prefill di simpan ke folder C - prefill_dapodik.

3. instal dapodik 2019.c Online / Offline

Bolehkah Instal Aplikasi Dapodik menggunakan Registrasi Online ? Apakah tidak apa-apa ?
Boleh saja, kalau tidak boleh tidak akan ada menu akses untuk dapat registrasi online. Jika menggunakan prefill juga tidak apa-apa. Yang penting file prefilnya sempurna saat mendownload dan registrasi onlinepun juga.

4. tidak bisa singkronisasi dapodik 2019.c

Mengapa tidak bisa di singkron, dari awal ingin singkron selalu gagal terus dan ada tulisan disconnec?
Solusinya Cara mengatasi adalah pastikan jika mau singkron koneksi internetnya kuat, dan jika tetap disconnect sebaiknya computer di cleaner atau di bersihkan dan browsernya di cleaner history nya. Setelah itu coba Login Aplikadi Dapodik 2019.c lagi.

5. dapodik 2019.c tidak bisa dibuka

Kenapa saat ingin registrasi Dapodik 2019.c, terasa lama pada proses nya. Setelah beberapa menit menunggu akhirnya berhasil. Dan kenapa dapodik selalua lama lodingnya tidak bisa dibuka ?. Apa karena saat registrasi dapodik yang lama itu, penyebabnya dapodik tidak bisa dibuka ?
Kalo masalah lama apa tidak nya saat proses registrasi itu tergantung koneksi internetnya. Jika koneksi internetnya sangat lemah itulah yang akan terjadi. Kalau yang proses membuka aplikasinya lama sebaiknya disconnected kan dulu akses internetnya dan clear history pada brosernya. Dan Login kembali Aplikasi Dapodiknya.

6. dapodik 2019.c tidak bisa diinstal di window 7       

kesalahan dapodik 2019.c tidak bisa di instal pada window 7?
solusinya yang pertama menguninstal dapodik 2019.c lama, kemudian instal file vc++ 2015, matikan windown firewall dan anti virus, kemudian anda instal lagi dapodik 2019.c nya jika masih mengalami masalah anda sebaiknya menggunakan laptop dengan sistem operasi window 10. hal yang sering terjadi ketika menggunakan window 7 kesalahan terjadi seperti system error vcruntime, net frame work tidak terinstal, dan bug lainnya.

7. data dapodik 2019.c kosong

data dapodik kenapa kosong?
kemungkinan registrasi yang dilakukan belum maksimal atau prefill tidak sempurna kesalahan ini terjadi biasanya karena koneksi internet yang tidak stabil saat mendownload dapodik ataupun prefill dapodik 2019.c solusinya silakan anda instal ulang dapodik 2019.c namun pastikan dahulu instalan dapodik 2019.c yang terpasang dihapus dahulu. jika masih mengalami error seperti ini anda sebaiknya mengulang download dapodik 2019.c.

8. dapodik 2019.c gagal di download
8 MASALAH UMUM DAPODIK 2019.C BESERTA SOLUSINYA

dapodik 2019.c saat didownload keluar tulisan failed network error atau failed server unreacheable?
permasalahan diatas biasanya masih di akibatkan oleh kurang stabilnya jaringan internet anda, silakan di check terlebih dahulu. jika sudah lanjutkan kembali downloadnya dengan klik resume atau bisa ulang dari awal lagi. jika koneksi internet lancar silakan anda cari link alternatif lain untuk didownload kemungkinan servernya sibuk.
Yang lebih penting sebelum menginstal aplikasi dapodik versi 2019.c adalah sahabat operator sekolah harus memperhatikan Spesifikasi Minimum laptop.

hasil pembahasan permasalahan yg sering muncul yang dikarenakan susahnya melakukan instalasi dapodik maka sangat disarankan :
1. Menggunakan Windows Original baik windows 7, 8, atau windows 10.
2. Apabila menggunakan Windows Bajakan, disarakan melakukan Update Service Pack secara Online (bukan auto update).
3. Apabila pada validasi terdapat siswa yang blm termaping dalam rombel, solusianya adalah periksa satu persatu dari anggota rombel. Masukkan siswa tersebut kerombel yang muncul nama disiswa yg blm termaping kemudian laporkan ke admin dinas agar bisa dimaping sesuai dengan kelas yang dimaksud.
4. Perubahan jenis PTK maupun perubahan SK, harus melaporkan langsung ke admin Dinas Kab/Kota.

5. Sangat disarankan melakukan input data buku perpustakaan pada aplikasi dapodik 2019c untuk persiapan PMP 2019.
Itulah dia beberapa permasalahan dan solusi ketika menggunakan dapodik 2019.c. semoga bisa membantu anda dalam menjalankan tugas sebagai operator sekolah.

No comments:

Post a Comment