Cara Menghubungkan Mesin Absensi Fingerprint dengan Laptop/Komputer - RUSMAN

Breaking

SI ANAK PETANI


Friday 9 August 2019

Cara Menghubungkan Mesin Absensi Fingerprint dengan Laptop/Komputer

Mulai Bulan Januari Tahun 2019, kehadiran guru di sekolah akan dipantau langsung oleh dinas pendidikan setempat serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal itu mengacu kepada Permendikbud Nomor 10 Tahun 2018 tetang Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi, Tunjangan Khusus, dan Tambahan Penghasilan Guru PNS Daerah.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka setiap sekolah wajib memiliki perangkat absensi elektronik (mesin absensi fingerprint) yang terhubung langsung dengan Kemendikbud. Jika biasanya absen online ini dikerjakan oleh operator sekolah di aplikasi DHGTK online, maka dengan pemberlakuan absensi elektronik ini, tanggung jawab absensi ada di pundak masing-masing guru. Operator sekolah hanya bertugas untuk mengirimkan rekap absensi yang ada mesin fingerprint ke server pusat.

Secara sederhana alur absensi online ini adalah : guru mengisi absen di mesin fingerprit - mesin fingerprint dihubungkan dengan laptop/komputer secara periodik dan data yang ada di mesin fingerprint dipindahkan ke komputer - rekap kehadiran di laptop dikirim ke server DHGTK.

Langkah pertama yang harus dilakukan sekolah adalah menyediakan mesin absensi fingerprint. Selanjutnya adalah menghubungkan mesin fingerprit tersebut dengan laptop dengan menggunakan aplikasi Geisa. Mengapa harus aplikasi geisa? karena baru aplikasi inilah yang mampu mensinkronkan antara mesin absensi fingerprint, aplikasi dapodik dan server pusat DHGTK. 

Sinkronisasi mesin fingerprint dengan laptop melalui aplikasi Geisa harus dilakukan di laptop/komputer yang ada aplikasi dapodik. Jika diinstal di laptop/komputer yang tidak ada aplikasi dapodik, maka proses sinkronisasi antara mesin absensi fingerprint, laptop/komputer dan server pusat tidak akan berjalan dengan baik

Adapaun cara instal dan mengubungkan mesin fingerprint dan aplikasi Geisa akan diuraikan secara lengkap di bawah ini. Tutorial ini dapat dipraktekan langsung dengan syarat mesin fingerprint telah tersedia. Untuk tutorial ini, admin menggunakan mesin fingerprint So****on yang bukan produk yang resmi dikeluarkan GEISA (Bukan produk bundling GEISA). Secara lengkap proses instalasi dan koneksi mesin absensi dan kompute/laptop adalah sebagai berikut:
  1. Download aplikasi GEISA Client terbaru  di laptop yang berisi aplikasi Dapodik. Aplikasi GEISA dapat didownload di :https://geisa.online/
  2. Jika proses download telah selesai, instal aplikasi GEISA Client di laptop.
  3. Buka aplikasi GEISA Client dengan mengetik alamat : http://localhost:9315. Lakukan registrasi terlebih dahulu.
  4. Masukan NPSN sekolah, User Name dengan user Dapodik serta password dapodik. Jika sudah lengkap diisi, klik registrasi.
  5. Tunggu beberapa saat sampai ada konfirmasi bahwa registrasi telah berhasil. Jika registrsi telah berhasil, klik tombol Kembali Login sehingga jendela login terbuka. Isi User Id dan password yang biasa digunakan untuk membuka Dapodik.
  6. Jika jendela GEISA Client telah terbuka, klik menu mesin. Klik panah kecil di tengah halaman agar halaman tergulung ke bawah.
  7. Klik tambah sehingga muncul list mesin absensi. Ubah IP Adress mesin disesuaikan dengan IP Adress Kabel Lan Yang dipakai untuk menghubungkn mesin dengan laptop. Cara mengubahnya dengan mengklik di mesin yang terpilih kemudian pilih menu ubah. Gunakan tombol tab untuk memindahkan kursor.
  8. Hidupkan mesin absensi dan sambungkan mesin absensi dengan laptop menggunakan kabel LAN. Untuk melihat IP adress kabel , cari di Control Panel, Network And Internet, Network And Sharing Center.
  9. Klik Change adafter seting. Cari koneksi kabel Lan dari mesin ke laptop. Klik kanan dan pilih status.
  10. Klik detail dan lihat IP Adress kabel Lan. Tulis dan masukan ke dalam IP Adress di aplikasi GEISA. Tambahkan satu angka di angka terakhir IP Adress. Misal: IP adress yang tertera di bawah adalah 169.254.17.111. Ditulis di aplikasi GEISA 169.254.17.112. Jika sudah klik simpan. Jangan lupa sesuaikan pula IP Adress di mesin fingerprint sesuai dengan yang tertera di aplikasi GEISA.. 
  11. Pilih pengaturan 3 dan simpan.
  12. Selanjutnya buka GEISA Connect. Samakan IP Adressnya dengan IP Adres di GEISA. Jika IP Adress sudah sesuai, klik connect.
  13. Jika pengisian IP Adress benar, maka mesin akan tersambung ditandai dengan lingkaran yang berwarna merah menjadi hijau serta serial number mesin dan tipe mesin akan otomatis masuk ke GEISA.
  14. Jika mengalami kegagalan, lakukanlah langkah tadi secara berulang-ulang. Admin sendiri beberapa kali mengalami kegagalan sebelum akhirnya berhasil menghubungkan mesin ke laptop.
Catatan: Tutorial di atas adalah tutorial untuk menghubungkan mesin absensi fingerprint yang produknya bukan produk bundling GEISA. Mungkin cara menghubungkan mesin absensi yang dikeluarkan oleh GEISA akan berbeda atau mungkin saja tidak perlu ada pengaturan seperti tutorial di atas.

No comments:

Post a Comment