Permandian Terapi Alam ‘Mangguliling’ Padat Pengunjung - RUSMAN

Breaking

SI ANAK PETANI


Thursday 12 June 2014

Permandian Terapi Alam ‘Mangguliling’ Padat Pengunjung

Permandian Terapi Alam ‘Mangguliling’ Padat Pengunjung
Pangkep, JawapossMakassar.com –Sungai Magguliling yang berlokasi  di Desa Baring Kecamatan Segeri, dalam  sebulan terakhir ini menjadi bahan pembicaran masyarakat Sulawesi Selatan, bahkan diluar Sulsel. Sungai Magguliling mempunyai mitos bisa menyembuhkan  berbagai jenis penyakit, seperti kolestrol, reumatik, dan gatal-gatal, dan sungai ini pertama kali ditemukan oleh seorang peneliti, DR. Jems.
Sungai ini diyakini bisa menyembuhkan aneka penyakit.
Mulai penyakit kasat mata, di kulit, penyakit dalam, pencernaan, hingga penyakit supranatural.
Seperti tabib atau dukun serba bisa, cara penyembuhannya simpel.
Cukup mandi atau meminum air dari sungai yang dikeliling batu krast ini, keluhan dan sympton bisa sembuh.
Menurut Kepala Desa Baring, Andi Muhammad Arsyad.AG, ketika ditemui di lokasi tersebut, belum lama ini, mengatakan dirinya juga tidak banyak mengetahui masalah seluk beluk sungai ini, dimana sebelumnya banyak penambang sirtu dan tambang lainnya. “Kami warga tidak mengetahui khasiat dari air sungai  tersebut,” katanya. Apalagi sungai tersebut memang masih alami dan terkadang ada penghuni dari sungai yang sering menampakkan diri,  bahkan terkadang banyak pengunjung yang kesurupan jika takabur.Awalnya ini sungai alam biasa. Namun karena ada warga setempat, yang bermimpi dan mengabari keuarganya di Makassar, kalau air sungai dekat Batu Karoang bisa sembuh penyakit, akhirnya banyak yang datang.
“Ini sisa beberapa minggu lagi, karomahnya sudah hilang, kata Asdar, menuturkan cerita berantai yang dia dengar Lebih jauh dikatakannya, selama kurang lebih 2 bulan terakhir  ini setiap hari banyak pengunjung dari daerah luar, seperti Tator, Enrekang dan daerah tetangga, bahkan dari provinsi Gorontalo sekalipun.
Aliran sungai tersebut mempunyai 3 cabang yang mengaliri tiga kabupaten masing-masing kabupaten Pangkep, Kabupaten Barru, dan Kabupaten Bone. Khusus sungai Magguliling  yang mengalir di Kecamatan Segeri, dikenal Magguliling, yang berarti sungai yang dikelilingi oleh gunung.Di sisi lain sungai ini juga banyak bekas tambang pasir, dan galian golongan C.
Pemerintah Pangkep dan DPRD tengah membahas kemungkinan menjadikan kawasan ini sebagai salah satu obyek wisata permandian alam.
Gunung di sini memang berada di gugusan pegunungan karst yang menyambung dari Maros, Pangkep, hingga ke Barru, dan masuk sebagian ke wilayah selatan Soppeng, dan barat Bone.
Tiap hari pengunjung semakin membludak hingga ribuan orang,hingga malam pun pengunjung masih berdatangan dari berbagai daerah bahkan dari luar sulawesi. (Dauz)

No comments:

Post a Comment