Fungsi Pengaya (Add Ons) pada Firefox - RUSMAN

Breaking

SI ANAK PETANI


Saturday 5 September 2015

Fungsi Pengaya (Add Ons) pada Firefox

3.0 Mengenai Pengaya Mozilla

Bicara mengenai produk Mozilla, Pengaya merupakan program ringan yang memberikan fitur-fitur baru atau memperluas fungsi yang sudah ada dan berjalan. Dalam beberapa hal, pengaya seringkali diumpamakan sebagai ekstensi, dan dapat dideteksi dengan nama berkas berekstensi .xpi. Contohnya, berkas Pengaya Noscript adalah noscript-2.0.7-fx+sm+fn.xpi.
Plugin merupakan bagian dari piranti lunak yang biasanya dirancang oleh pihak ketiga sehingga memungkinkan untuk menjalankan piranti lunak mereka dalam perambah Firefox. Contoh yang sangat umum dari plugin adalah plugin Flash yang dirancang menjalankan fungsi untuk menampilkan konten Adobe Flash pada jendela Firefox.

3.1 Cara Memasang Pengaya Mozilla

Mengunduh dan memasang Pengaya Mozilla sangatlah mudah dan cepat. Untuk memulai proses unduh dan pemasangan pengaya yang berbeda, lakukan langkah berikut:
Langkah 1. Pilih Start > Mozilla Firefox atau Klik dua kali pada ikon Firefox yang ada di desktop ntuk membuka Firefox.
Langkah 2. Ketik alamat https://addons.mozilla.org/ pada bar alamat Firefox Anda, lalu tekan tombol Enter untuk menuju laman tersebut.
Langkah 3. Ketik nama pengaya yang diinginkan pada kotak pencarian Mozilla (Pengaya Adblock Plus digunakan dalam contoh ini) seperti berikut:

Gambar 1: Bilah Cari Pengaya menampilkan Adblock Plus
Langkah 4. Klik atau tekan Enter dan akan muncul tampilan seperti di bawah ini:

Gambar 2: Panel Relevance menampilkan hasil pencarian
Langkah 5. Klik untuk memunculkan tampilan di bawah:

Gambar 3: Jendela Adblock Plus :: Search :: Pengaya untuk Firefox – Mozilla Firefox

Gambar 4: Jendela Pemasangan Perangkat Lunak dengan pernyataan konfirmasi pemasangan piranti lunak Adblock Plus
Langkah 6. Klik untuk memulai pemasangan (instalasi) pengaya; setelah proses pemasangan selesai, akan muncul tampilan seperti di bawah:

Gambar 5: Jendela Adblock Plus :: Search :: Pengaya untuk Firefox – Mozilla Firefox
Langkah 7. Klik untuk menyelesaikan proses pemasangan.
Firefox akan menyala kembali (restart) dengan sendirinya.
Tip: Klik untuk memilih Tidak sekarang jika Anda memutuskan untuk memulai ulang (restart) Firefox di waktu yang lain.
Langkah 8. Pilih item Pengaya pada menu Alat dalam menu bar Firefox, untuk mengaktifkan tampilan seperti di bawah:

Gambar 6: Menu Alat dengan Pengaya yang sedang terpilih

Gambar 7: Tab Pengelola Pengaya menampilkan pengaya Adblock Plus yang baru terpasang
Penting: Jangan memasang pengaya dari sumber yang tidak dikenal. Sebagai gantinya, selalu unduh dan pasang pengaya dari situs https://addons.mozilla.org dengan keamanan yang lebih baik.

3.2 Cara Menonaktifkan atau Membuang Pengaya Mozilla

Tab Pengelola Pengaya menampilkan semua pengaya yang sudah terpasang sebagaimana ditunjukan pada Gambar 7. Semua pengaya Mozilla bisa dinonaktifkan sementara dengan cara men-Klik , atau Klik untuk membuangnya secara permanen. Apapun yang Anda lakukan, Firefox harus di-restart untuk menetapkan perubahan yang dilakukan.

3.3 Cara Meng-update Pengaya Mozilla

Setiap pengaya biasanya memang dirancang untuk digunakan dan di-update agar bisa selalu cocok dengan versi Firefox yang terbaru. Tergantung pada ketersediaan koneksi yang Anda miliki, Anda dapat memilih untuk melakukan update secara otomatis atau manual.
Langkah 1. Klik untuk memunculkan menu terkait, lalu Pilih opsi Periksa versi terbaru untuk melakukan update manual untuk pengaya Anda sebagaimana ditunjukan di bawah ini:

Gambar 8: Tombol Alat untuk semua pengaya menampilkan daftar pilihan yang berkaitan
Langkah 2. Cara lainnya, dengan memilih opsi Otomatis Perbarui Pengaya yang terdapat dalam daftar pilihan seperti pada Gambar 8 di atas.

3.4 Cara Meng-update Plugin Mozilla

Beberapa plugin memang tidak dapat meng-update dirinya dengan sendirinya. Pengguna sangat disarankan untuk mengecek untuk update terbaru dari Plugin Mozilla.
Penting: Sangatlah penting jika Anda mencari update untuk plugin minimal satu bulan sekali. Plugin secara berkesinambungan dikembangkan dan ditingkatkan untuk berhadapan dengan masalah keamanan yang terus berevolusi.
Untuk mengecek update plugin secara manual, Klik link https://www.mozilla.org/plugincheck untuk membuka situs seperti di bawah ini:

Gambar 9: Situs Periksa Plugin Mozilla Firefox
Update semua plugin yang belum diperbaharui dengan meng-Klik tombol Tindakan dan mengikuti petunjuk pada layar.
Untuk menonaktifkan plugin yang Anda tidak butuhkan, lakukan langkah di bawah ini:
Langkah 1. Pilih Alat > Pengaya untuk menampilkan tab Pengelola Pengaya.
Langkah 2. Klik tab Plugin untuk menampilkan daftar lengkap plugin Mozilla Firefox, pilih plugin yang tidak Anda inginkan, lalu klik .

No comments:

Post a Comment