loading...
Cara Mendaftarkan Peserta Ujian Nasional (UN) 2016 Melalui Dapodik | RUSMAN MAKKASAU

Thursday, 19 November 2015

Cara Mendaftarkan Peserta Ujian Nasional (UN) 2016 Melalui Dapodik

 

Bagaimana cara mendaftarkan peserta UN 2016 melalui dapodik, saya sudah merangkum info dari Dikdasmen, Jakarta. Sesuai dengan ketentuan yang ada dalam Petunjuk Teknis Pendataan Peserta Ujian Nasional Tahun 2016, bahwa pendaftaran calon peserta Ujian Nasional pada tahun pelajaran 2015/2016 akan sama seperti tahun lalu yaitu menggunakan Aplikasi DAPODIK (Data Pokok Pendidikan).
Kata kunci dapo dikdas kemdikbud go id/manajemen-un/web/ yang anda cari di internet, akan kami jelaskan di sini, semoga membantu.
Ketentuan rujukan dalam penyaringan calon peserta UN ada di dalam aplikasi Dapodik yaitu pada Menu Data Peserta Didik dan ini berlaku untuk sekolah/satuan pendidikan tingkat SMP, SMA, dan SMK. Sehingga diharapkan tiap sekolah segera memeriksa hal-hal penting yang diperlukan yaitu apakah kelengkapan dan kemutakhiran semua data peserta didik sudah anda periksa mulai dari data identitas peserta didik, NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), serta data orang tua peserta didik tersebut, semuanya pastikan sudah lengkap agar proses pendaftaran peserta UN 2016 nanti bisa berjalan lancar.
Oh iya, sangat penting sekali untuk memeriksa data Verval PD (Verifikasi dan Validasi Peserta Didik) terkait NISN, silahkan cek di vervalpd.data.kemdikbud.go.id
Kalo verifikasi data NISN sudah benar, selanjutnya adalah langkah verifikasi data peserta didik sebagai calon peserta ujian nasional yang bisa Bapak/Ibu lakukan pada halaman Manajeman UN kemdikbud berikut:
  1. Satuan Pendidikan Dasar (SD, SMP) lewat URL: http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/manajemen_un/web/
  2. Satuan Pendidikan Menengah (SMA dan SMK) lewat URL: http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/manajemen_un/web/
Alur dari tahap berikutnya, hasil verifikasi file data calon peserta UN tingkat akhir diserahkan oleh tiap satuan pendidikan kepada panitia ujian nasional yang ada di dinas pendidikan kabupaten/kota. Kemudian File/data tersebut diproses oleh panitia ujian nasional tingkat kabupaten/kota dengan mengirimkannya kepada panitia ujian nasional tingkat pusat melalui aplikasi BIO-UN yang selanjutnya akan menjadi Data Peserta Ujian Nasional 2016.
Alur Data Pendataan CPUN (Calon Peserta Ujian Nasional)
Alur Data Pendataan CPUN (Calon Peserta Ujian Nasional)
Jika anda masih bingung dengan hal teknis di atas, silahkan unduh aja tutorial lengkapnya yang sudah disusun oleh kemdikbud.go.id.
  1. Download Manual Aplikasi Pendaftaran Calon Peserta Ujian Nasional Tahun 2016 Berbasis Dapodik – download PDF
  2. Petunjuk Teknis Pendataan Peserta Ujian Nasional 2016 – download PDF
Batas akhir dari Jadwal Pengisian Dapodik terkait pendaftaran calon peserta UN 2016 adalah 31 Desember 2015 sesuai keterangan dari Kemdikbud:
Jadwal Pengisian Dapodik terkait pendaftaran calon peserta UN 2016
Catatan: Khusus yang di bawah Kemenag pada PKLK/SLB atau satuan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus, prosedur di atas tidak digunakan. Untuk itu prosedur tersendiri sudah dibuat oleh Puspendik (Pusat Penilaian Pendidikan).
Oke, pastikan nanti pendaftaran ujian nasional SD, SMP, SMA dan SMK melalui dapodik 2016 Bapak/Ibu melakukannya dengan teliti dan panduan PDF tadi akan sangat membantu.

Cara Mendaftarkan Peserta Ujian Nasional (UN) 2016 Melalui Dapodik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rusman Lukas

0 komentar:

Post a Comment

MILAD KE 2SFOPPSI SULSEL

Dengan tidak mengurangi rasa hormat, kami dari Panitia MILAD II FOPPSI SULSEL dirangkaikan dengan BIMTEK ERAPOR, DHGTK, DAPOPAUDNI dan DAPODIKDASMEN mengundang Bpk/Ibu OPS Se Sulawesi Selatan untuk hadir dalam acara tersebut yang insya Allah akan dilaksanakan pada : Hari/tgl : Sabtu - Minggu/14-15 April 2018 waktu : Pkl 08.00-selesai Tempat : Ruang Pola Kantor Bupati Kepulauan Selayar Pemateri : TIM HELPDESK FOPPSI PROVINSI Penyelenggara : FOPPSI Provinsi Sulawesi Selatan

CARA INSTAL DAPODIK 2018b

.