1. Perbedaan versi 4.1.0 dengan versi 4.0.3?
- Secara garis besar tidak ada perubahan signifikan detail seperti yang ada di
pembaharuan salah satunya :
- Penambahan password pada table PTK
- Membuka periode aktid pendataan semester genap tahun ajaran 2015/2016
- Kolom hapus pembukuan untu prasarana yang akan di hapus
- Kolom layak menerima PIP di table peserta didik sesusai dengan kriteria di juknis
PIP
- Table riwayat pekerjaan PTK (riwayat mengajar)
2. Apa yang harus dilakukan oleh operator sekolah untuk memulai pendataan
semester genap dengan menggunakan versi 4.1.0?
- Uninstall aplikasi 4.0.3
- Install aplikasi versi 4.1.0
- Generate ulang prefill dan registrasikan dengan prefill baru
- Mulai update data : anggota rombel, pembelajaran, dan data periodik lainnya (baca
buku manual aplikasi )
3. Apakah prefill yang lama bisa digunakan di aplikasi sekarang versi 4.1.0?
- Tidak, harus lakukan generate ulang prefill sebelum memulai proses pendataan.
Jangan di biasakan mengkoleksi prefill, hendaknya melakukan generate ulang
prefill ketika akan memulai pendataan
4. Bagaimana untuk sekolah baru, sekolah merger dan sekolah yang sudah tutup?
- Laporkan ke dinas pendidikan kab/kota setempat untuk di teruskan ke pusat
selanjutnya admin pusat yang akan melakukan tindaklanjut permasalahan tersebut.
5. Apakah aplikasi ini masih bersifat mampu bekerja dalam keadaan offline?
- Ya, mekanisme tersebut masih tetap berlaku di versi ini untuk meakomodir untuk
sekolah-sekolah yang memiliki keterbatasan akses internet.
6. Berapa lama pengerjaan update data dari semester ganjil ke semester genap/
- Pada prinsipnya aplikasi dapodik sudah mengakomodir fitur percepatan
pengerjaan update data tersebut, yaitu fitur lanjutan semester (di table anggota
rombel), lanjutkan data periodic ( ditabel kerusakan prasarana ), lanjutkan data
priodik PD (pada table peserta didik), salin penugasan (pada table PTK).
- Dengan menggunaka fitur tersebut mempercepat proses pengerjaan update data di
perkirakan kurang dari 5 hari update data dari semester ganjil ke semester genap
bisa dilakukan (untuk sekolah besar).
7. kapan paling lambat pengiriman data dapodik?
- Pengiriman dapodik sudah di atur dalam aplikasi persemester.
8. dimana saya bisa mendapatkan aplikasi dapodik versi 4.1.0 dan prefillnya?
- Lakukan pengunduhan installer aplikasi melalui website resmi
- Untuk unduh prefill melalui laman
9. kapan masa berlaku aplikasi versi terbaru 4.1.0?
- Masa berlaku aplikasi versi 4.1.0 berakhir pada tanggal 01 juli 2016. Selanjutnya
nanti akan diumumkan updater aplikasi di tahun ajaran 2016/2017.
10. ketika data masih invalid ( warna merah ) apakah masih bisa syncron?
- Tidak. Pastikan seluruh data yang berwarna merah sudah bersih, hal ini di
maksudkan untuk meningkatkan kualitas data yang dikirimkan oleh sekolah.
11. lalu apa yang harus dilakukan ketika masih ada data yang invalid ( warna
merah )?
- Perbaiki sesuai dengan data invalidnya, sebelum syncron lakukan validasi kembali.
12. jika peringatan warning ( warna kuning ) apakah bisa melakukan
syncronisasi?
- Dapat, untuk yang bertanda warning masih bisa diberikan keringanan untuk
pengiriman data masih di ijinkan, namun demikian diharapkan peringatan warna
kuning tersebut di perbaiki sampai bersih validasinya.
13. apa yang dimaksud dengan data periodik, lalu bagaimana cara mengisinya?
- Data periodik adalah data yang harus diupdate setiap periode semester tahun
pelajaran, data semester lalu akan tersimpang sebagai histori dan data semester
selanjutkan harus diisikan ulang karena dimungkinkan sekali akan mengalami
perubahan kondisi.
- Cara mengisi dapat dilakukan secara manual (input ulang) atau menggunakan fitur
yang sudah di sediakan pada action menu lanjutkan data periodik PD atau PTK, data
yang tersalin secara otomatis dari semester ganjil ke semester genap.
14. jika ada siswa mutasi dari sekolah lain apa yang harus di lakukan?
- Bisa menggunakan fitur mutasi online (tarik PD online melalui website
dapo.dikdas.kemdikbud.go.id) atau mutasi manual (input ulang pada aplikasi), fitur
ini bersifat pilihan.
- Tidak boleh melakukan mutasi manual (input ulang pada aplikasi), jika sudah
melakukan mutasi online (tarik PD online).
15. jika ada PTK mutasi/mencari jam tambahan di sekolah lain apa yang harus
dilakukan?
- Bisa menggunakan fitur mutasi PTK online (tarik PTK online melalui website
dapo.dikdas.kemdikbud.go.id), agar sekolah baru tidak perlu
menambahkan/inputkan PTK di sekolah baru/sekolah ke 2 secara manual
16. ketika syncron berapa lama data masuk ke dalam server?
- Data masuk kedalam database dan profil sekolah secara realtime, tapi untuk agregat
data muncul dalam waktu 1x24 jam.
17. apa yang dimaksud dengan dokumen pakta integritas?
- Dokumen yang menyatakan keabsahan data dapodik oleh sekolah secara online
untuk di bubuhi tanda tangani oleh kepala sekolah, pengawas sekolah, dinas
kabupaten/kota
18. apa yang harus sekolah lakukan dengan dokumen pakta integritas tersebut?
- Dokumen tersebut dapat di serahkan oleh pihak sekolah kepada dinas pendidikan
kab/kota.
19. kapan dokumen tersebut di kumpulkan?
- Dokumen pakta integritas dapat di unduh web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
pada saat data sekolah sudah merasa data lengkap, benar dan mutakhir, untuk
selanjutnya dokumen tersebut di tanda tangani oleh sekolah, pengawas dan dinas
pendidikan kab/kota.
20. apakah pengawas, kepala sekolah, KKDatadik terlibat dalam dokumen pakta
integritas?
- Ya. Ketiga pihak tadi mengverifikasi data dapodik yang terkirim ke pusat.
21. Penggunaan kurikulum 2013 Tidak diizinkan pada aplikasi dapodikdasmen?
- Laporkan sekolah kepada dinas pendidikan di daerahnya agar dilaporkan kepada
Puskurbuk untuk di daftarkan agar bisa melanjutkan Kurikulum 2013.
22. Bagaimana cara merubah nama operator pada aplikasi dapodik?
- Lakukan pengupdatean data pengguna pada Manajemen Pengguna.
- Ada pada menu Pengaturan >> table pengguna >> masukan kode registrasi >>
lakukan perubahan penggantian nama pada manajemen pengguna
23. Sekolah kami berstatus Negeri, tapi kenapa menerima BOS = Tidak?
- Laporkan sekolahnya kepada dinas pendidikan di daerahnya, agar dinas untuk
melaporkan permasalahan tersebut kepada CS Pusat.
- Laporkan secara langsung kepada CS Pusat.
24. Sudah lakukan update versi aplikasi dari 4.03 menjadi 4.1.0 tapi pada aplikasi
masih muncul 4.0.3?
- Jika sudah lakukan update versi aplikasi lakukan reload atau tekan tombol CTRL +
F5
25. Peta koordinat sekolah salah posisi?
- Lakukan perubahan melalui http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/.... Login
menggunakan akun SDM yang sudah di registrasikan kemudian lakukan syncron
pada aplikasi dapodik.
26. Bagaimana cara mengupdate versi aplikasi?
- Cek koneksi internet harus terhubung ke internet. Lakukan pengupdatean versi
melalui menu pengaturan kemudian pilih Cek Pembaruan, jika laptop dalam
keadaan online/terhubung internet. Maka akan terunduh secara otomatis.
27. NISN tidak muncul di aplikasi dapodikdasmen?
- Lakukan generate ulang prefill yang baru, registrasikan dengan prefill baru
tersebut dengan username dan password berbeda atau sama (tidak masalah);
- Lalu cek kembali ditabel sekolahnya dan diisi nomor rekening BOS nya.
25. Rombel ganda (Tingkat dan Nama rombel sama)
- Lakukan generate ulang prefill yang baru, registrasikan dengan prefill baru
tersebut dengan username dan password berbeda atau sama (tidak masalah);
- Periksa Rombel, maka akan tampak Rombel yang berganda tersebut;
- Keluarkan anggota Rombel, hapus pembelajaran, kemudian Rombel dapat
dihapus.
No comments:
Post a Comment