KELAS 5 RANTAI MAKANAN - RUSMAN

Breaking

SI ANAK PETANI

Tuesday, 8 September 2020

KELAS 5 RANTAI MAKANAN

KELAS V TEMA 5 EKOSISTEM SUB TEMA 2 HUBUNGAN ANTAR MAKHLUK HIDUP DALAM EKOSISTEM PEMBELAJARAN 1
KOMPETENSI DASAR
3.5 Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar.
4.5 Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.Dengan mengamati kegiatan pembelajaran interaktif, siswa dapat menjelaskan rantai makanan dengan teliti.
2.Melalui kegiatan pembelajaran interaktif, siswa dapat menyebutkan 3 macam rantai makanan dengan teliti.
3.Dengan mengamati kegiatan pembelajaran interaktif, siswa dapat membuat rantai makanan dengan teliti
RANGKUMAN MATERI POWER POINT INTERAKTIF
Rantai Makanan Padi dimakan oleh tikus, kemudian tikus dimakan oleh ular, ular dimakan oleh burung elang. Setelah beberapa waktu, burung elang mati. Bangkainya membusuk diuraikan oleh makhluk hidup pengurai dan bercampur dengan tanah membentuk humus. Humus sangat dibutuhkan tumbuhan, terutama rumput. Begitulah seterusnya sehingga proses ini berjalan dari waktu ke waktu. Di lautan, yang menjadi produsen adalah fitoplankton. Fitoplankton ialah sekumpulan tumbuhan hijau yang sangat kecil ukurannya dan melayang-layang dalam air. Konsumen I adalah zooplankton (hewan pemakan fitoplankton), konsumen II adalah ikan-ikan kecil, konsumen III adalah ikan-ikan sedang, dan konsumen IV adalah ikan-ikan besar.
Urutan peristiwa memakan dan dimakan di atas dapat berjalan seimbang dan lancar jika seluruh komponen tersebut ada. Jika salah satu komponen tidak ada, akan terjadi ketimpangan dalam urutan memakan dan dimakan tersebut. Agar rantai makanan dapat terus berjalan, jumlah produsen harus lebih banyak daripada jumlah konsumen kesatu, konsumen kesatu lebih banyak daripada konsumen kedua, dan seterusnya.
GAMBAR MENU AWAL
Download Power Point Interaktif DISINI

No comments:

Post a Comment