KELAS V TEMA 5 EKOSISTEM SUB TEMA 2 HUBUNGAN ANTAR MAKHLUK HIDUP DALAM EKOSISTEM PEMBELAJARAN 1
KOMPETENSI DASAR
3.5 Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar.
4.5 Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.Dengan mengamati kegiatan pembelajaran interaktif, siswa dapat menjelaskan rantai makanan dengan teliti.
2.Melalui kegiatan pembelajaran interaktif, siswa dapat menyebutkan 3 macam rantai makanan dengan teliti.
3.Dengan mengamati kegiatan pembelajaran interaktif, siswa dapat membuat rantai makanan dengan teliti
RANGKUMAN MATERI POWER POINT INTERAKTIF
Rantai Makanan Padi dimakan oleh tikus,
kemudian tikus dimakan oleh ular, ular dimakan oleh burung elang.
Setelah beberapa waktu, burung elang mati. Bangkainya membusuk diuraikan
oleh makhluk hidup pengurai dan bercampur dengan tanah membentuk humus.
Humus sangat dibutuhkan tumbuhan, terutama rumput. Begitulah seterusnya
sehingga proses ini berjalan dari waktu ke waktu. Di lautan, yang
menjadi produsen adalah fitoplankton. Fitoplankton ialah sekumpulan
tumbuhan hijau yang sangat kecil ukurannya dan melayang-layang dalam
air. Konsumen I adalah zooplankton (hewan pemakan fitoplankton),
konsumen II adalah ikan-ikan kecil, konsumen III adalah ikan-ikan
sedang, dan konsumen IV adalah ikan-ikan besar.
Urutan
peristiwa memakan dan dimakan di atas dapat berjalan seimbang dan
lancar jika seluruh komponen tersebut ada. Jika salah satu komponen
tidak ada, akan terjadi ketimpangan dalam urutan memakan dan dimakan
tersebut. Agar rantai makanan dapat terus berjalan, jumlah produsen
harus lebih banyak daripada jumlah konsumen kesatu, konsumen kesatu
lebih banyak daripada konsumen kedua, dan seterusnya.
Download Power Point Interaktif DISINI
No comments:
Post a Comment