Tips dan Cara Efektif Mematikan/Disable Keyboard Internal Laptop - RUSMAN

Breaking

SI ANAK PETANI


Sunday 31 May 2015

Tips dan Cara Efektif Mematikan/Disable Keyboard Internal Laptop


Kali ini saya ingin berbagi pengalaman pribadi terkait dengan keyboard internal laptop yang rusak. Khususnya ketika ingin mematikan/mendisable/ menonaktifkan/ me-uninstall keyboard internal dan menggatinya dengan keyboard eksternal.
Sejatinya, jika kerusakan keyboard internal hanya sebatas tidak berfungsi atau tidak bekerjanya beberapa tombol, mungkin tidak terlalu masalah. Karena kita cukup mencolokkan kabel keyboard eksternal ke dalam laptop, dan langsung bisa bekerja kembali.

Yang menjadi masalah adalah kalau keyboard internal bukan hanya tidak berfungsi, tetapi menimbulkan dampak yang mengganggu terhadap operasional laptop. Misalnya ada tombol keyboard yang menekan sendiri ketika laptop dihidupkan, sehingga menimbulkan dampak yang macam-macam. Apakah itu berupa munculnya ketikan huruf tertentu yang panjaaaang dan terus menerus, atau kursor di layar laptop berlari-lari sendiri, atau bisa juga menimbulkan bunyi suara panjang yang tidak lazim dan memekakkan telinga. Jika ini yang terjadi, meskipun keyboard eksternal sudah terpasang, kita tetap tidak bisa bekerja karena terus-menerus diganggu dan direcoki oleh keyboard internal yang berjalan sendiri. Satu-satunya cara adalah harus mematikan atau mendisable atau menonaktifkan secara total keyboard internal.
Persoalannya kemudian adalah, seringkali driver untuk keyboard internal ternyata tidak bisa di disable maupun di-uninstall dengan cara sederhana. Pengalaman saya, meskipun sudah berhasil di uninstall, namun ketika laptop di restart atau dihidupkan ulang dari awal, maka driver keyboard internalnya akan secara otomatis terinstall kembali.  Sehingga masalah yang kita bahas tadi muncul kembali.
Itulah yang akan kita bahas dalam tips komputer kali ini. Untuk mengatasi persoalan tersebut, silahkan ikuti prosedur men-disbale keyboard internal dan menggantinya dengan keyboard external berikut ini.
Tips dan Cara Menonaktifkan Keyboard Internal Laptop Windows7
1.   Masuk ke Device Manager dengan cara, klik tombol Start dan lanjutkan dengan Klik kanan pada Computer dan pilih Properties dan klik Device Manager.
2.   Pada jendela Device Manager, klik tepat pada tanda segi tiga dengan tulisan Keyboard agar terlihat detail driver keyboardnya.
3.   Klik kanan pada Keyboard Device Filter (sesuaikan dengan driver laptop anda), kemudian klik Update Driver Software.
4.   Langkah berikutnya, klik pada Browse my computer for driver software.
5.   Langkah berikut ini, klik pada tulisan Let me pick a list of device driver on my computer.
6.   Hilangkan tanda contreng pada pilihan Show compatible hardware dan pilih salah satu driver yang TIDAK SESUAI/INCOMPATIBLE dengan laptop anda. Artinya, apabila laptop anda adalah Acer, jangan install driver Acer, tetapi install driver selain Acer, misalnya Samsung, Fujitsu, Key Tonic dan lainnya. Pada contoh dalam tulisan ini, saya menginstall driver Fujitsu 109 Japanese USB Keyboard pada notebook Asus. Klik Next
7.   Setelah anda klik Next maka akan muncul peringatan bahwa driver yang diinstall tersebut tidak compatible dengan perangkat yang terpasang. Klik saja YES, karena memang kita sengaja menginstall driver yang tidak compatible.
8.   Setelah selesai melakukan installasi, windows 7 akan menampilkan
pesan bahwa proses installasi sudah selesai dan klik Close.
9.   Bila Windows 7 meminta anda untuk melakukan restart ulang laptop/netbook anda, maka restartlah. Dan jangan lupa, pada saat komputer melakukan restart, silahkan pasang keyboard external dan mouse external karena keyboard maupun touch pad pada notebook/laptop segera tidak akan berfungsi lagi.
10. Selesai! Sekarang keyboard internal untuk notebook/laptop anda sudah didisable. Anda sudah dapat menggunakan keyboard dan mouse external tanpa harus terganggu dengan ulah keyboard internal dan touch pad laptop.

No comments:

Post a Comment