Cara Menghitung Jumlah Data Laki-laki/Perempuan di Excel - RUSMAN

Breaking

SI ANAK PETANI


Tuesday 7 July 2015

Cara Menghitung Jumlah Data Laki-laki/Perempuan di Excel

Hai.. haii...!!!!  Ketemu lagi dengan saya, admin blog, kali ini saya akan mencoba berbagi bagaimana cara menghitung jumlah data jenis kelamin, singkat cerita sebelum saya mengetahui rumus ini di excel, ketika itu saya ditugaskan untuk entri data DPS (Daftar Pemilih Sementara) di Desa Cijurey bisa kebayang gak jumlah datanya ... sekitar 5.600 Jiwa lah. Ketika kita ingin menghitung jumlah data laki-laki dan perempuannya dengan cara manual tentu itu akan memakan waktu yang cukup lama bukan saya berfikir waktu itu menggunakan fine an replace cara itu cukup berhasil hanya saja jika kita lupa cancle replacenya malah akan jadi tambah runyam data kita akan hilang,,,, (pengalaman pribadi heee).

Setelah saya tanya-tanya dan buka buku ternyata saya menemukan rumusnya yaitu COUNTIF  hmmmm, ternyata caranya sangat mudah sekali berikut saya kasih screenshotnya.





coba anda perhatikan sel C2 sampai C18 itulah data laki-laki dan perempuan yang akan kita hitung.
Langkah pertamanya adalah kita ketikkan rumus di sel C19 untuk jumlah laki-laki =COUNTIF(C2:C18;"L") lalu tekan ENTER maka hasilnya akan ketahuan yaitu 13 Orang










Berikut ini gambar hasilnya


Untuk menghitung jumlah perempuannya  caranya hampir sama hanya saja kita tinggal mengganti hurp L nya dengan hurp P pada rumus tersebut contoh =COUNTIF(C2:C18;"L")  kita ganti hurp L nya =COUNTIF(C2:C18;"P") maka hasilnya akan ketahuan. Cukup mudah kan????
OK selamat mencoba semoga bermanfaat.
Salam pendidikan dam maju terus Pendidikan Indonesia

No comments:

Post a Comment