Survai Lapangan Tentang Operator Sekolah - RUSMAN

Breaking

SI ANAK PETANI


Thursday 30 June 2016

Survai Lapangan Tentang Operator Sekolah


Hasil survai dilapangan serta hasil perbincangan para Bos2 saya baik melalui Medsos maupun Ketemu langsung' maka sedikit menulis kata demi kata apa itu OPS. 

operator sekolah adalah guru (PNS, Honor, Kontrak, dll), Tata Usaha, ataupun orang lain diluar sekolah yang membantu administrasi sekolah. Dimasa tahun  ini, Kebutuhan seorang operator sekolah dikarenakan pendataan tenaga pendidik dilakukan online dengan sebuah aplikasi dapodik, tidak lagi melakukan pemberkasan seperti yang sudah dilakukan pada beberapa tahun sebelumnya. 

keterangan Gambar Pengawas Sekolah Kab.Soppeng : 


Selain itu, dalam beberapa bulan  disepanjang tahun ini, operator juga disibukkan dengan pekerjaan yang tanpa online, seperti  mengerjakan BIO UN, PKG , SKP dan masih banyak lagi.
Sebetulnya tugas operator itu mudah dan tidak berat, namun di setiap sekolah para PTK  (pendidik dan tenaga kependidikan) tidak semua orang bisa melakukannya sendiri. Sehingga dalam menginput data pribadi semuanya di serahkan ke operator sekolah. Walaupun sampai saat ini tidak ada SK atau surat secara resmi penetapan sebagai operator sekolah oleh pemerintah.

Belum lagi masalah jaringan yang sulit diakses pada jam-jam tertentu sehingga membuat stres para Operator sekolah, untuk mempermudah menginput data tersebut  maka para operator sekolah sebagian ada saja yang tengah malam melaksanakan tugas tersebut demi sekolah.
Tapi kenyataannya pihak sekolah belum tentu mengetahui  kondisi pekerjaan operator sekolah seperti itu ?, dan apakah sudah  memperhatikan kesejahteraan mereka ?

Kemudian masalah yang sangat besar dan sering dikumandangkan di beberapa grup facebook yang berkaitan dengan pendataan sekolah yaitu mengenai besaran gaji (honor) yang didapatkan yang kurang jelas dari sekolah. Sedangkan mereka (Operator sekolah) dengan penuh keikhlasan melaksanakan input data para PTK dan EDS Guru dan siswa dengan begadang semalaman.

Puji Tuhan, kalau saya sendiri sebagai Operator Sekolah di SDN 112 Burecenge  sudah diberikan uang lelah yang memadai dari sekolah . saya berharap semoga para operator di sekolah-sekolah yang lain bisa lebih diperhatikan lagi uang lelah  atau honor serta kesejahteraannya oleh pihak sekolah dan pemerintah.

Dalam hati seoarang operator pasti ada senang dan susahnya tapi tidak apa-apa yang penting bisa bekerja, Nah bagi anda yang berminta menjadi operator sekolah jangan berkecil hati sebab hidup adalah perjuangan menerima segala rejekinya yang diberikan Tuhan untuk kita.
Demikianlah pengalaman menjadi seoarang operator sekolah

No comments:

Post a Comment