Cara Backup dan Restore Data PMP 2016. VERSI 1.2 - RUSMAN

Breaking

SI ANAK PETANI


Saturday 27 August 2016

Cara Backup dan Restore Data PMP 2016. VERSI 1.2

Backup Data adalah salah satu cara untuk mengantisipasi terjadinya kehilangan data akibat sistem mengalami error, hardisk rusak atau laptop hilang. Tentu saja kita tidak ingin apa yang sudah dikerjakan hilang sia-sia. 

Nah, dalam Aplikasi PMP ketika kita sudah melakukan KIRIM DATA, secara otomatis data sudah tersimpan di server pusat. Sehingga, apabila sistem/laptop yang kita gunakan untuk pendataan PMP mengalami masalah, maka kita tinggal Restore Data lagi.  
Tetapi bagaimana jika kita belum pernah melakukan pengiriman Data ke server pusat? Otomatis data yang tersimpan di server adalah data lama, padahal kita sudah melakukan pendataan cukup banyak di aplikasi, cuma saja belum KIRIM.

Di bawah, saya akan berbagi panduan bagaimana cara backup dan restore data secara offline dengan menggunakan Aplikasi PMP sendiri
Setelah mendownload dan menginstall aplikasi PMP, cara untuk melakukan backup dan restore data secara offline data adalah sebagai berikut :
  1. Buka aplikasi PMP yang sudah terinstall di laptop dengan cara Loging Operator "Klik Verivikasi & Kirim Data"
  2. Lalu klik Backup Data (Menyimpan Data/Mengamankan Data)
  3. Data anda sudah aman untuk Backup Data, klik ok  

 Selanjutnya Cara Merestore Hasil Backup Data 


  1. Pilih lokasi penyimpanan File Backup (sebagai contoh di drive F:/) klik Open
  2.  Klik Menu Restore Data, Pilih File, cari tempat penyimpanan, klik open, terakhir simpan
     7. Tunggu prosesnya ........

Lakukan backup secara berkala sebagai antisipasi kehilangan data, serta kegaulauan sobat operator


2 comments:

  1. anda sudah mencoba atau belum? saya mencoba backup, trus aplikasi sy uninstal. selanjutnya saya instal lagi, saya restore file backupnya. muncul restore data berhasil. tetapi setelah sy buka aplikasinya data gk berubah masih kosong seperti data awal.Saya restart , trus buka lagi masih tetap sama.

    ReplyDelete
  2. mohon info..sya sudah terlanjur banyak buat di versi 1.2 untuk backupnya berupa zip 1kb apa bisa jika pindah ke versi baru gak ilang datanya??

    ReplyDelete