1.3.f.7. Eksplorasi Konsep - Modul 1.3 Tahapan KANVAS BAGJA - RUSMAN

Breaking

SI ANAK PETANI

Wednesday, 17 July 2024

1.3.f.7. Eksplorasi Konsep - Modul 1.3 Tahapan KANVAS BAGJA

 


Modul 1.3 Guru Penggerak: BAGJA Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabarkan Rencana, Atur Eksekusi

Apa itu BAGJA merupakan akronim atau singkatan dari 5 langkah utama yang digunakan dalam sebuah proses Inkuiri Apresiatif . Inkuiri Apresiatif merupakan sebuah pendekatan kolaboratif untuk mengetahui kondisi suatu organisasi atau komunitas dalam mengembangkan perilaku suatu organisasi dan dijalankan dalam suasana yang positif dan apresiatif.

Tahapan Menggunakan kanvas B-A-G-J-A

BAGJA |Prakarsa perubahan: Menjadi Guru yang menyenangkan bagi murid

B-uat pertanyaan utama

PERTANYAAN

  • Apa yang harus saya lakukan untuk menjadi seorang guru yang menyenangkan bagi murid?
  • Langkah-langkah apa yang perlu dipersiapkan untuk menjadi guru yang menyenangkan bagi murid?

TINDAKAN/PENYELIDIKAN

  • Menjadi guru yang perhatian dan komunikatif kepada murid, Menjadi guru yang ramah, Menjadi contoh atau teladan bagi murid, menjadi guru yang humoris, memiliki sikap yang dinamis
  • Mengusai meteri, Memiliki tekhnik mengajar yang bervariasi, Adil dan bijaksana dalam memperlakukan murid

A-mbil pelajaran

PERTANYAAN

  • Siapakah orang yang memiliki pengalaman yang bisa dijadikan rujukan sumber mewujudkan menjadi seorang guru yang menyenangkan bagi murid?
  • Aktivitas apa saja yang bisa dilakukan untuk mewujudkan menjadi seorang guru yang menyenangkan murid?
  • Situasi apa yang dapat kita lihat ketika murid merasa senang dalam pembelajaran?
  • Keterampilan apa yang dibutuhkan untuk menumbuhkan suasana kelas yang menyenangkan bagi murid?

TINDAKAN/PENYELIDIKAN

  • Seorang guru Teknik Mesin yang baik dan ramah berpihak pada murid
  • Menerapkan metode dan strategi pembelajaran yang menyenangkan murid
  • Ketika ada murid yang melakukan kesalahan tidak memarahinya namun menegurnya dengan baik
  • Menyapa murid dengan baik, ramah dan tersenyum

G-ali mimpi

PERTANYAAN

  • Apakah kebiasaan -kebiasaan baru yang saya bayangkan terjadi bilamana terwujud menjadi guru yang menyenangkan bagi murid ?

TINDAKAN/PENYELIDIKAN

  • kebiasaan yang akan dilakukan menguasai materi, menerapkan berbagai strategi belajar agar tercipta pembelajaran yang menyenangkan, selalu melakukan refleksi, mendokumentasikan kegiatan pembelajaran, berusaha dekat dengan siswa agar kita lebih tahu setiap karakter yang dimiliki murid.

J-abarkan Rencana

PERTANYAAN

  • Apa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mewujudkan menjadi guru yang menyenangkan bagi murid?
  • Apa saja praktik baik yang dalam mewujudkan guru yang menyenangkan bagi murid?
  • Apa target dalam mewujudkan guru yang menyenangkan bagi murid?

TINDAKAN/PENYELIDIKAN

  • berusaha dekat dengan setiap murid agar murid merasa lebih santai dan senang saat belajar.
  • mengajar dengan semangat, hati yang ikhlas dan juga sabar.
  • mencoba memahami dan mengenali karakter murid, untuk memudahkan memberikan arahan dan karakter siswa, sekaligus mengetahui minat, bakat dan potensi murid.

A-tur eksekusi

PERTANYAAN

  • Siapa yang mengarahkan dan memantau saya dalam mewujudkan menjadi guru menyenangkan bagi murid?
  • Bagaimana agar perwujudan menjadi guru yang menyenangkan bagi murid bisa terlaksana dengan baik?

TINDAKAN/PENYELIDIKAN

  • Mengajak rekan sejawat yang memiliki keinginan yang sama dalam menyusun program pembelajaran yang menyenangkan bagi murid
  • Agar terlaksana:
  • Melakukan pembiasaan 5R di dalam bengkel Teknik Mesin
  • Melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada murid
  • Menciptakan pembelajaran yang menarik, kreatif dan inovatif
  • Memahami karakter murid dan membimbingnya
  • Bisa membuat bahagia murid
  • Menjalin hubungan komunikasi yang baik dengan semua warga sekolah dan juga orang tua murid

 

No comments:

Post a Comment