Program Indonesia Pintar (PIP) dirancang untuk membantu anak-anak
usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin/prioritas tetap
mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik
melalui jalur pendidikan formal (mulai SD/MI hingga anak Lulus
SMA/SMK/MA) maupun pendidikan non formal (Paket A hingga Paket C serta
kursus terstandar). Melalui program ini pemerintah berupaya mencegah
peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat
menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya. PIP
juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta
didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.
Untuk cek data Penerima PIP SMA dan PIP SMK
masing-masing direktorat teknis telah melakukan pengembangan Aplikasi
Manajemen PIP untuk memudahkan sekolah untuk mengakses data penerima
PIP, sehingga di harapkan dapat mempercepat proses Penyaluran PIP.
Sedangkan untuk Penerima Program Indonesia Pintar (PIP) jenjang Sekolah
Dasar (SD) Direktorat terkait sudah mengembangkan Manajemen PIP SD yang
dapat di akses di : http://pipsd.kemdikbud.go.id/home/index.html, kemudian pilih menu dibagian pojok kanan atas dan klik Login Manajemen tunggu beberapa saat sampai dengan tampil halaman login sebagai berikut :
Masukkan Username dan Password yang terdaftar di Aplikasi Dapodik, kemudian klik Login sampai dengan tampil halaman berikut :
Silahkan lakukan validasi data penerima PIP pada menu Validasi Data dan Lakukan Download hasil Verifikasi dan Data Penerima PIP tahun 2018 melalui Menu Download Data
No comments:
Post a Comment