Font Lontara Bugis - RUSMAN

Breaking

SI ANAK PETANI


Saturday 21 November 2015

Font Lontara Bugis



Assalamualaikum, baiklah dalam posting kali ini saya akan membahas mengenai cara mengetik dengan menggunakan font Lontara (aksara) bugis.

Lontara Bugis merupakan aksara yang telah digunakan sejak dahulu kala dan terus diturunkan dari generasi ke generasi dan digunakan pada hampir seluruh daerah Sulawesi Selatan. Menurut budayawan Prof Mattulada (alm), bentuk aksara lontara berasal dari "sulapa eppa wala suji". Wala suji berasal dari kata wala yang artinya pemisah/pagar/penjaga sedangkan suji yang berarti putri. Wala Suji adalah sejenis bambu yang digunakan dalam acara atau ritual kebudayaan yang berbentuk belah ketupat. Sulapa eppa yang berarti empat sisi merupakan bentuk mistis dari kepercayaan Bugis-Makassar klasik yang menyimbolkan susunan semesta, api-air-angin-tanah. Huruf lontara ini pada umumnya digunakan untuk menulis tata aturan pemerintahan dan kemasyarakatan. Naskah ditulis pada daun lontar menggunakan lidi atau kalam yang terbuat dari ijuk kasar dengan ukuran kurang-lebih sebesar lidi.

Namun disini saya tidak akan membahas lebih jauh mengenai sejarah dan latar belakang penggunaan Lontara, tetapi mengenai pelestarian penggunaannya, salah satu upayanya adalah dengan penggunaan lontara pada font komputer dan perangkat lain.

Silahkan anda download font Lontara Bugis pada link berikut ini.

Download
Font Lontara Bugis
Size : 11 KB

Bagaimana menggunakannya?

Setelah proses instalasi font selesai anda dapat menggunakan font lontara dengan memilih nama font BugisA. Misalnya buka Microsoft Word lalu pilih font dengan nama BugisA.

Menggunakan font lontara bugis

Sekian dari saya, jika ada pertanyaan, saran maupun kritik, sampaikan di kotak komentar dibagian paling bawah halaman ini atau melalui page Contact. Terima kasih

No comments:

Post a Comment