Tips Cara Mengatasi Solusi Gagal Buka Aplikasi Dapodik 2018 - RUSMAN

Breaking

SI ANAK PETANI


Saturday 3 March 2018

Tips Cara Mengatasi Solusi Gagal Buka Aplikasi Dapodik 2018

Dalam kesempatan kali ini, admin akan share tantang bagaimana caranya mengatasi gagal buka aplikasi Dapodik dengan keterangan “We Are Sorry, But Something Went Terribly Wrong” yang muncul ketika kita membuka pada alamat di addres bar http://localhost:5774. Jika muncul informasi tersebut artinya ada indikasi bahwa pada services DapodikDB status tidak Started, dan sudah dicoba berulang kali di Start services tersebut tetap tidak mau running/aktif.
Berikut cara / solusi mengatasi masalah tersebut agar data-data yang sudah dikerjakan biar data yang sudah terentri tidak hilang, lakukan dengan langkah-langkah:

1)   Stop services DapodikWebSrv dan juga DapodikDB (tekan tombol Win+R dan ketik services.msc lalu klik pada services tersebut dan klik Stop)

2)   Buka Window Explorer dan rename folder Dapodik menjadi Dapodik_asli (ini folder dari Aplikais Dapodik yang sudah ada database isian data pekerjaan Anda yang belum sempat disinkronisasikan) terdapat di folder Program Files (x86) atau di folder Program Files di sebagian komputer.
3)   Jalankan Regedit (tekan tombol Win+R ketik regedit) lalu masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\DitjenDikdasmen\Dapodik dan hapus key folder Dapodik.

4)   Install Dapodik 2017 dan berturut-turut Updater sampai versi terakhir. Setelah selesai buka browser dan hapus history browsernya lalu buka di addressbar: localhost:5774

5)   Jika sudah berhasil dibuka dapodiknya, tutup kembali browser dan Stop services DapodikDB dan DapodikWebSrv

6)   Gunakan window explorer untuk mengcopy subfolder database dan dataweb dari folder Dapodik_asli ke folder Dapodik (Replace All). Jika sudah selesai mengcopy lakukan restart windows. Insya Allah, sudah bisa login kembali di Dapodik dengan data yang masih utuh sesuai sebelum error.
Demikian cara mengatasi masalah gagal membuka aplikasi Dapodik 2018 dengan keterangan “We Are Sorry, But Something Went Terribly Wrong” agar data-data entrian di aplikasi Dapodik Versi 2018 yang sudah dikerjakan tidak hilang. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

No comments:

Post a Comment