contoh RPP 1 Lembar Jenjang SD KELAS 1 - RUSMAN

Breaking

SI ANAK PETANI

Monday, 20 January 2020

contoh RPP 1 Lembar Jenjang SD KELAS 1

contoh RPP 1 Lembar Jenjang SD
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan         :   SDN 112 BURECENGE
Kelas / Semester              :   I (Satu) / 2
Tema 5                             :   Pengalamanku
Sub Tema 1                      :   Pengalaman Masa Kecil
Pembelajaran                  :   1
Muatan Pelajaran           : PPKn (3.1, 4.1) B. Indo (3.8,4.8), SBDP (3.2,4.2)   

TUJUAN  PEMBELAJARAN

  • Dengan mendengarkan lagu bertempo cepat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan cepat dengan tepat dan percaya diri.
  • Dengan mendengarkan cerita yang disampaikan oleh guru, siswa dapat menemukan ungkapan pemberian pujian dengan tepat.
  • Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberian pujian secara lisan dengan tepat.
  • Dengan mengamati gambar, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
  • Dengan menirukan teks Pancasila yang diucapkan oleh guru, siswa mengetahui rumusan sila-sila Pancasila dengan tepat.
KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa
Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).
Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.
Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)
Kegiatan Inti
Ø  Guru menjelaskan sekitar materi yang akan dijelaskan
Ø  Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
Ø  Siswa mengamati media pembelajaran tentang materi yang diajarkan
Ø  Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
Ø  Guru mengajak siswa berdiskusi berkaitan tentang materi yang diajarkan
Ø  Siswa diberi waktu untuk berdiskusi dengan sesama anggota kelompoknya
Ø  Guru berkeliling melihat dan membimbing tentang materi yang didiskusikannya
Ø  Masing masing kelompok mempresentasikan hasil kelompoknya di depan kelas
Ø  Guru memberi penguatan tentang jawaban siswa perwakilan kelompok
Ø  Bersama guru siswa memajang hasil pekerjaan siswa di papan pajangan
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø  Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui internet
Kegiatan Penutup
Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan

            Mengetahui                                                                 …………………
            Kepala Sekolah                                                           Guru Kelas 1                          


            SOMPE,S.Pd                                                             ANDI ROSDIANA, S.Pd
            NIP. 19680101 19920 1 005


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan         :   SDN 112 BURECENGE
Kelas / Semester              :   I (Satu) / 2
Tema 5                             :   Pengalamanku
Sub Tema 1                      :   Pengalaman Masa Kecil
Pembelajaran                  :   2
Alokasi Waktu                :   1 Hari
Muatan Pelajaran           : B.Indo PPKn MTK  

TUJUAN  PEMBELAJARAN
  • Setelah melakukan latihan dalam kelompok, siswa dapat mempraktikkan gerak saling mendorong secara tepat.
  • Setelah mengamati dan mendengarkan percakapan yang dibacakan, siswa dapat menyebutkan ungkapan pemberian pujian secara lisan dengan benar.
  • Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengungkapkan kalimat pujian dengan tepat.
  • Setelah membaca teks sederhana tentang pujian, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
  • Setelah mengamati gambar, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa
Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).
Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.
Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)
Kegiatan Inti
Ø  Guru menjelaskan sekitar materi yang akan dijelaskan
Ø  Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
Ø  Siswa mengamati media pembelajaran tentang materi yang diajarkan
Ø  Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
Ø  Guru mengajak siswa berdiskusi berkaitan tentang materi yang diajarkan
Ø  Siswa diberi waktu untuk berdiskusi dengan sesama anggota kelompoknya
Ø  Guru berkeliling melihat dan membimbing tentang materi yang didiskusikannya
Ø  Masing masing kelompok mempresentasikan hasil kelompoknya di depan kelas
Ø  Guru memberi penguatan tentang jawaban siswa perwakilan kelompok
Ø  Bersama guru siswa memajang hasil pekerjaan siswa di papan pajangan
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø  Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui internet
Kegiatan Penutup
Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan

            Mengetahui                                                                 …………………
            Kepala Sekolah                                                           Guru Kelas 1                          


            SOMPE,S.Pd                                                             ANDI ROSDIANA, S.Pd
            NIP. 19680101 19920 1 005






No comments:

Post a Comment