Instrumen Akreditasi sekolah/madrasah
ini terdiri atas delapan komponen standar nasional pendidikan yang
disusun oleh BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) dan instrumen juga
disusun dengan mengacu pada peraturan terkait lainnya. Standar nasional
pendidikan tersebut meliputi: (1). standar isi, (2). standar proses,
(3). standar kompetensi lulusan, (4). standar pendidik dan tenaga
kependidikan, (5). standar sarana dan prasarana, (6). standar
pengelolaan, (7). standar pembiayaan, dan (8). standar penilaian
pendidikan. Sedangkan Perangkat Akreditasi SD/MI terdiri atas: (1)
Instrumen Akreditasi, (2) Petunjuk Teknis (Juknis) Pengisian Instrumen
Akreditasi, (3) Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung
Akreditasi, dan (4) Pedoman Penskoran dan Pemeringkatan Hasil
Akreditasi. Keempat dokumen ini merupakan satu kesatuan yang tidak
terpisahkan. Oleh karena itu, sebelum memilih jawaban pada butir-butir
pernyataan instrumen sekolah/madrasah, Saudara harus
mempelajari/memahami Juknis Pengisian Instrumen Akreditasi dan mengisi
Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi.
Berikut kami lampirkan bukti fisik
akreditasi 2019 sesuai sispena namun ini tidak menjadi acuan, tetapi
hanya sebagai bahan referensi bagi yg akan melaksanakan visitasi
akreditasi, adapun hasilnya sesuai dengan sekolah masing-masing.
Lnk Download kami sisipkan di penjelasan bukti fisik akreditasi
I. STANDAR ISI
Bukti Fisik Poin No 1
Dibuktikan dengan:
1) Dokumen:
a) Perangkat pembelajaran yang disusun guru sesuai dengan tingkat kompetensi pada kompetensi
sikap spiritual di SD/MI DOWNLOAD PERANGKAT PEMBELAJARAN
b) Hasil kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di KKG tentang kompetensi
sikap spiritual siswa/Penguatan Pendidikan Karakter siswa. DOWNLOAD
c) Rancangan dan hasil penilaian sikap spiritual, berupa jurnal penilaian, dokumen observasi, DOWNLOAD
penilaian diri, dan penilaian antar teman. DOWNLOAD
d) Program kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler berupa kegiatan Keagamaan,
misalnya: pesantren kilat, ceramah keagamaan, baca tulis al-Quran, retreat, atau kegiatan lainnya.
Bukti Fisik Poin No 2
Dibuktikan dengan:
1). Dokumen:
a) Perangkat pembelajaran yang disusun guru sesuai dengan tingkat kompetensi pada kompetensi
sikap sosial di SD/MI.DOWNLOAD
b) Hasil kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di KKG tentang kompetensi
sikap sosial/atau penguatan pendidikan karakter siswa.DOWNLOAD
c) Rancangan dan hasil penilaian sikap sosial, berupa jurnal penilaian, dokumen observasi, DOWNLOAD penilaian
diri, dan penilaian antar teman. DOWNLOAD
d) Program dan hasil kegiatan
ekstrakurikuler berupa kegiatan Krida, misalnya: Kepramukaan, Palang
Merah Remaja (PMR), UsahamKesehatan Sekolah (UKS), Pasukan Pengibar
Bendera (Paskibra), dan lainnya. Latihan olah-bakat latihan olah-minat,
misalnya: pengembangan bakat olahraga, seni dan budaya dan lain-lain. DOWNLOAD
2). Wawancara dengan guru kelas/mata pelajaran tentang perangkat
pembelajaran guru yang memuat tentang pelaksanaan kompetensi
sikap sosial.
Bukti Fisik Poin No 3
Dibuktikan dengan:
1) Dokumen:
a) Perangkat pembelajaran guru yang disusun sesuai dengan kompetensi inti 3 (pengetahuan) dan
kompetensi dasar.
b) Hasil kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan KKG tentang
kommpetensi pengetahuan siswa.
c) Program kegiatan ekstrakurikuler berupa Kegiatan Ilmiah Remaja (KIR), kegiatan penguasaan
keilmuan, kemampuan akademik, dan lainnya. DOWNLOAD
2) Wawancara dengan guru kelas/mata pelajaran tentang kompetensi inti
pengetahuan dan kompetensi dasar pada setiap mata pelajaran.
Bukti Fisik Poin No 4
Bukti Fisik Poin No 8
Bukti Fisik Poin No 20
Bukti Fisik Poin No 27
Dibuktikan dengan memeriksa dokumen bukti pelaksanaan supervisi proses pembelajaran yang dilakukan oleh kepala sekolah/madrasah atau guru senior yang diberi wewenang oleh kepala sekolah/madrasah. Download
Bukti Fisik Poin No 28
Dibuktikan dengan:
1) Dokumen bukti pemantauan proses pembelajaran yang dilakukan
kepala sekolah/madrasah.
2) Wawancara dengan guru tentang pelaksanaan pemantauan.
3) Wawancara dengan siswa tentang pelaksanaan pemantauan.
Bukti Fisik Poin No 29
Dibuktikan dengan:
1) Memeriksa dokumen bukti tindak lanjut supervisi proses pembelajaran Download
yang dilakukan kepala sekolah.
2) Wawancara dengan guru tentang tindak lanjut hasil supervisi.
Bukti Fisik Poin No 30
Dibuktikan dengan:
1) Laporan hasil pemantauan, supervisi, dan evaluasi proses
pembelajaran yang dilakukan kepala sekolah/madrasah.
2) Dokumen program tindak lanjut hasil pengawasan.
Bukti Fisik Poin No 31
Dibuktikan dengan:
1) Dokumen bukti pelaksanaan tindak lanjut pengawasan yang dilakukan
kepala sekolah/madrasah berupa:
a) Bukti keikutsertaan guru dalam program PKB.
b) Bukti pemberian penguatan dan penghargaan.
2) Wawancara dengan guru tentang tindak lanjut hasil pengawasan.
IV. STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
Semoga akreditasi tahun ini kita mendapatkan kelancaran. Aamiin
1) Dokumen:
a) Perangkat pembelajaran guru yang disusun sesuai dengan kompetensi inti 3 (pengetahuan) dan
kompetensi dasar.
b) Hasil kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan KKG tentang
kommpetensi pengetahuan siswa.
c) Program kegiatan ekstrakurikuler berupa Kegiatan Ilmiah Remaja (KIR), kegiatan penguasaan
keilmuan, kemampuan akademik, dan lainnya. DOWNLOAD
2) Wawancara dengan guru kelas/mata pelajaran tentang kompetensi inti
pengetahuan dan kompetensi dasar pada setiap mata pelajaran.
Bukti Fisik Poin No 4
Dibuktikan dengan:
1) Dokumen
a) Perangkat pembelajaran guru yang disusun sesuai dengan tingkat kompetensi inti 4 (keterampilan)
dan kompetensi dasar.
b) Buku pelajaran.
c) Hasil tugas intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
d) Penilaian keterampilan berupa penilaian kinerja, proyek dan portofolio, berupa kegiatan
pengamatan guru seperti menyanyi, bermain peran dan menari, atau produk siswa seperti poster,
karangan, puisi, dan lain-lain.CONTOH
2) Wawancara dengan guru kelas/mata pelajaran tentang kompetensi inti
keterampilan dan kompetensi dasar pada setiap mata pelajaran.
Bukti Fisik Poin No 5
5. Perangkat pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dikembangkan
sesuai tingkat kompetensi dan ruang lingkup materi pada setiap tingkat
kelas.
Dibuktikan dengan:
1) Dokumen:
a) Program tahunan dan program semester.
b) Perangkat pembelajaran.
c) Buku yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
d) Hasil kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di KKG tentang kompetensi pengetahuan siswa. Download
2) Wawancara terhadap minimal 3 siswa dari kelas yang berbeda.
Bukti Fisik Poin No 6
Dibuktikan dengan:
1) Dokumen:
a) Perangkat Pembelajaran Tematik Terpadu pada setiap kelas setiap
semester.
b) Silabus dan RPP Pembelajaran Tematik Terpadu pada semua tingkat kelas
dan kesesuaiannya dengan buku guru dan buku siswa.
c) Hasil kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di KKG
tentang kompetensi pengetahuan siswa. Download
2) Wawancara dengan minimal tiga siswa dari kelas 4, 5, dan 6.
Bukti Fisik Poin No 7
Tim Pengembang Kurikulum adalah tim yang bertugas antara lain
mengembangkan kurikulum sekolah/madrasah. Keterlibatan Tim
Pengembang Kurikulum dibuktikan dengan dokumen penugasan, berita
acara dan notulen rapat, serta tanda tangan dari berbagai pihak yang
terlibat; yaitu seluruh guru mata pelajaran, konselor (guru Bimbingan dan
Konseling), dan komite sekolah/madrasah atau penyelenggara pendidikan.
Dibuktikan dengan:
1) SK penetapan tim pengembang kurikulum sekolah/madrasah.
2) Daftar hadir kegiatan pengembangan kurikulum.
3) Daftar hadir narasumber.
4) Berita acara penetapan kurikulum.
5) Notulen rapat pengembangan kurikulum
Bukti Fisik Poin No 8
KTSP disusun mengacu pada Kerangka Dasar pada Standar Isi meliputi:
1) Perumusan visi, misi, dan tujuan satuan Pendidikan.
2) Pengorganisasian muatan kurikuler satuan Pendidikan.
3) Pengaturan beban belajar siswa dan beban kerja guru pada tingkat kelas.
4) Penyusunan kalender pendidikan satuan Pendidikan.
5) Penyusunan silabus muatan atau mata pelajaran muatan local.
6) Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran setiap muatan
pembelajaran.
- Jika ingin mendownload langsung semua file bukti fisik akreditasi sekaligus klik DOWNLOAD
Dibuktikan dengan:
1) Dokumen KTSP bagian kerangka dasar sesuai dengan pedoman pengembangan KTSP.
2) Dokumen silabus mata pelajaran
Pendidikan Agama dan Budi pekerti, danNsilabus mata pelajaran lainnya
termasuk muatan lokal dalam bentuk soft copy atau hard copy. DOWNLOAD
Bukti Fisik Poin No 9
Prosedur operasional pengembangan KTSP meliputi:
1) Analisis, mencakup:
a) Analisis ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai Kurikulum.
b) Analisis kebutuhan siswa, satuan pendidikan, dan lingkungan (analisis konteks).
c) Analisis ketersediaan sumber daya pendidikan.
2) Penyusunan, mencakup:
a) Perumusan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan.
b) Pengorganisasian muatan kurikuler satuan pendidikan.
c) Pengaturan beban belajar siswa dan beban kerja guru pada tingkat kelas.
d) Penyusunan kalender pendidikan satuan pendidikan.
e) Penyusunan silabus muatan atau mata pelajaran muatan lokal.
f) Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran setiap muatan pembelajaran.
3) Penetapan dilakukan kepala
sekolah/madrasah berdasarkan hasil rapat dewan pendidik satuan
pendidikan dengan melibatkan komite sekolah/madrasah.
4) Pengesahan dilakukan oleh pemerintah daerah sesuai dengan
kewenangannya.
Dibuktikan dengan dokumen KTSP yang telah disahkan. DOWNLOAD
Bukti Fisik Poin No 10
Dibuktikan dengan:
1) Struktur kurikulum di sekolah/madrasah.
2) Dokumen penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri.download
3) Jadwal pelajaran, daftar hadir, dan RPP.
4) Hasil belajar seni budaya, prakarya, dan kewirausahaan.
5) Laporan kegiatan pengembangan diri dan ekstrakurikuler.
II. STANDAR PROSES
Bukti Fisik Poin No 11
Silabus dikembangkan oleh Pemerintah, pemerintah daerah, dan satuan
pendidikan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi.
Dibuktikan dengan kelengkapan komponen dan isi silabus yang dimiliki
sekolah/madrasah untuk semua tema dan mata pelajaran.
Download silabus kelas 1 s.d 6 dalam satu file berbentuk .rar di SINI
Bukti Fisik Poin No 12
RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu
pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan
kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar
(KD).
Komponen RPP yang lengkap terdiri atas:
1) Identitas sekolah/madrasah.
2) Tema/subtema.
3) Kelas/semester.
4) Materi pokok.
5) Alokasi waktu.
6) Tujuan pembelajaran.
7) Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi.
8) Materi pembelajaran.
9) Metode pembelajaran.
10) Media pembelajaran.
11) Sumber belajar.
12) Langkah-langkah pembelajaran.
13) Penilaian hasil pembelajaran.
Dibuktikan dengan menelaah isi RPP yang disusun oleh guru di sekolah
Bukti Fisik Poin No 13
Dibuktikan dengan:
1) Jadwal pembelajaran dan kalender akademik.
2) Pembagian tugas guru dan tugas tambahan lainnya. DOWNLOAD
3) Dokumen Silabus Mata pelajaran.
Bukti Fisik Poin No 14
Dibuktikan dengan melihat data siswa atau absensi siswa per kelas.
Bukti Fisik Poin No 15
Dibuktikan dengan:
1) Melihat pencantuman buku teks mata pelajaran dalam RPP.
2) Melihat daftar buku teks pelajaran.
3) Menanyakan kepada beberapa siswa tentang ketersediaan dan penggunaan buku teks pelajaran dalam bentuk cetak maupun eBook.
Bukti Fisik Poin No 16
Dibuktikan dengan:
1) Mengamati proses pembelajaran di 1-2 kelas, yang dipilih oleh asesor dengan memerhatikan
keterlaksanaan dua belas hal di atas.
2) Melihat rekap hasil supervisi kelas oleh kepala sekolah/madrasah DOWNLOAD
Bukti Fisik Poin No 17
Dibuktikan dengan:1) Mengamati pelaksanaan langkah pendahuluan pembelajaran yangdilakukan guru di kelas.2) Melihat kesesuaian antara RPP dengan pelaksanaan pembelajaran.3) Melihat rekap hasil supervisi kelas oleh kepala sekolah/madrasah. Download
Bukti Fisik Poin No 18
Bukti Fisik Poin No 19
Bukti Fisik Poin No 11
Silabus dikembangkan oleh Pemerintah, pemerintah daerah, dan satuan
pendidikan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi.
Dibuktikan dengan kelengkapan komponen dan isi silabus yang dimiliki
sekolah/madrasah untuk semua tema dan mata pelajaran.
Download silabus kelas 1 s.d 6 dalam satu file berbentuk .rar di SINI
Bukti Fisik Poin No 12
RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu
pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan
kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar
(KD).
Komponen RPP yang lengkap terdiri atas:
1) Identitas sekolah/madrasah.
2) Tema/subtema.
3) Kelas/semester.
4) Materi pokok.
5) Alokasi waktu.
6) Tujuan pembelajaran.
7) Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi.
8) Materi pembelajaran.
9) Metode pembelajaran.
10) Media pembelajaran.
11) Sumber belajar.
12) Langkah-langkah pembelajaran.
13) Penilaian hasil pembelajaran.
Dibuktikan dengan menelaah isi RPP yang disusun oleh guru di sekolah
Bukti Fisik Poin No 13
Dibuktikan dengan:
1) Jadwal pembelajaran dan kalender akademik.
2) Pembagian tugas guru dan tugas tambahan lainnya. DOWNLOAD
3) Dokumen Silabus Mata pelajaran.
Bukti Fisik Poin No 14
Dibuktikan dengan melihat data siswa atau absensi siswa per kelas.
Bukti Fisik Poin No 15
Dibuktikan dengan:
1) Melihat pencantuman buku teks mata pelajaran dalam RPP.
2) Melihat daftar buku teks pelajaran.
3) Menanyakan kepada beberapa siswa tentang ketersediaan dan penggunaan buku teks pelajaran dalam bentuk cetak maupun eBook.
Bukti Fisik Poin No 16
Dibuktikan dengan:
1) Mengamati proses pembelajaran di 1-2 kelas, yang dipilih oleh asesor dengan memerhatikan
keterlaksanaan dua belas hal di atas.
2) Melihat rekap hasil supervisi kelas oleh kepala sekolah/madrasah DOWNLOAD
Bukti Fisik Poin No 17
Dibuktikan dengan:1) Mengamati pelaksanaan langkah pendahuluan pembelajaran yangdilakukan guru di kelas.2) Melihat kesesuaian antara RPP dengan pelaksanaan pembelajaran.3) Melihat rekap hasil supervisi kelas oleh kepala sekolah/madrasah. Download
Bukti Fisik Poin No 18
Kegiatan inti menggunakan model pembelajaran yang disesuaikan dengan
karakteristik siswa dan KD setiap mata pelajaran.
Model pembelajaran merupakan suatu bentuk pembelajaran yang memiliki
nama, ciri, sintak, pengaturan, dan budaya misalnya discovery learning,
project-based learning, problem-based learning, inquiry learning.
Dibuktikan dengan:
1) Menelaah ragam model pembelajaran yang digunakan guru dalam:
a) RPP.
b) Proses pembelajaran di 1-2 kelas, yang dipilih oleh asesor.
2) Wawancara dengan guru dan siswa)
Bukti Fisik Poin No 19
Dibuktikan dengan:
1) Menelaah ragam metode pembelajaran yang digunakan guru dalam:
a) RPP.
b) Proses pembelajaran di 1-2 kelas, yang dipilih oleh asesor.
2) Wawancara dengan guru dan siswa.
1) Menelaah ragam metode pembelajaran yang digunakan guru dalam:
a) RPP.
b) Proses pembelajaran di 1-2 kelas, yang dipilih oleh asesor.
2) Wawancara dengan guru dan siswa.
Bukti Fisik Poin No 20
Dibuktikan dengan:
1) Menelaah ragam media pembelajaran yang digunakan guru dalam:
a) RPP.
b) Proses pembelajaran di 1-2 kelas, yang dipilih oleh asesor.
2) Wawancara dengan guru dan siswa.
Bukti Fisik Poin No 21
Dibuktikan dengan:
1) Menelaah ragam sumber belajar yang digunakan guru dalam:
a) RPP.
b) Proses pembelajaran di 1-2 kelas, yang dipilih oleh asesor.
2) Wawancara dengan guru dan siswa.
Bukti Fisik Poin No 22
Dibuktikan dengan:
1) Menelaah ragam pendekatan pembelajaran yang digunakan guru
dalam:
a) RPP.
b) Proses pembelajaran di 1-2 kelas, yang dipilih oleh asesor.
2) Wawancara dengan guru dan siswa.
Bukti Fisik Poin No 23
Dibuktikan dengan:
1) Mengamati pelaksanaan langkah penutupan pembelajaran yang
dilakukan guru di kelas.
2) Melihat kesesuaian antara RPP dengan pelaksanaan pembelajaran.
3) Melihat rekap hasil supervisi kelas oleh kepala sekolah/madrasah. Download
Bukti Fisik Poin No 24
Dibuktikan dengan:
1) Memeriksa dokumen:
a) Instrumen penilaian otentik.Download
b) Bukti pelaksanaan penilaian otentik.
c) Hasil penilaian otentik.
2) Wawancara dengan guru. Download Formatnya disini
Bukti Fisik Poin No 25
Dibuktikan dengan menelaah:
1) Dokumen bukti pemanfaatan hasil penilaian otentik yang dilakukan
oleh guru (satu tahun terakhir).
Bukti Fisik Poin No 26
Dibuktikan dengan:
1) Dokumen bukti perencanaan dan pelaksanaan pengawasan yang
dilakukan oleh kepala sekolah/madrasah, serta tindak lanjut hasil
pengawasan dalam peningkatan mutu secara berkelanjutan.
2) Mewawancarai beberapa guru tentang pelaksanaan pengawasan yang
dilakukan kepala sekolah/madrasah
Bukti Fisik Poin No 27
Dibuktikan dengan memeriksa dokumen bukti pelaksanaan supervisi proses pembelajaran yang dilakukan oleh kepala sekolah/madrasah atau guru senior yang diberi wewenang oleh kepala sekolah/madrasah. Download
Bukti Fisik Poin No 28
Dibuktikan dengan:
1) Dokumen bukti pemantauan proses pembelajaran yang dilakukan
kepala sekolah/madrasah.
2) Wawancara dengan guru tentang pelaksanaan pemantauan.
3) Wawancara dengan siswa tentang pelaksanaan pemantauan.
Bukti Fisik Poin No 29
Dibuktikan dengan:
1) Memeriksa dokumen bukti tindak lanjut supervisi proses pembelajaran Download
yang dilakukan kepala sekolah.
2) Wawancara dengan guru tentang tindak lanjut hasil supervisi.
Bukti Fisik Poin No 30
Dibuktikan dengan:
1) Laporan hasil pemantauan, supervisi, dan evaluasi proses
pembelajaran yang dilakukan kepala sekolah/madrasah.
2) Dokumen program tindak lanjut hasil pengawasan.
Bukti Fisik Poin No 31
Dibuktikan dengan:
1) Dokumen bukti pelaksanaan tindak lanjut pengawasan yang dilakukan
kepala sekolah/madrasah berupa:
a) Bukti keikutsertaan guru dalam program PKB.
b) Bukti pemberian penguatan dan penghargaan.
2) Wawancara dengan guru tentang tindak lanjut hasil pengawasan.
Cara Downloadnya simak video di bawah ini:
III. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
Download Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan No 39 sd 54
V. STANDAR SARANA DAN PRASARANA
VIII. STANDAR PENILAIAN
Download Bukti Fisik Standar Penilaian
Jika ingin mendownload langsung semua file sekaligus klik DISINI
Anda Mungkin Juga Membutuhkan : RPP Kelas 1 s.d 6 (tinggal dowload perkelas semua tema)
No comments:
Post a Comment